Aspek-aspek dalam keterampilan proses IPA
Mengamati dan mengobservasi
Keterampilan ini merupakan keterampilan yang menggunakan panga indera untuk memperoleh data atau informasi.
Keterampilan ini meliputi :
keterampilan untuk dapat membedakan
keterampilan untuk mengukur panjang
keterampilan untuk dapat mengukur isi
keterampilan untuk mengukur berat atau masa
keterampilan untuk mengukur waktu
Keterampilan mengklasifikasi
Keterampilan ini merupakam keterampilan untuk dapat melakukan pengamatan berdasarkan perbedaan dan persamaan sifat yang dimiliki.
Keterampilan memprediksi
Keterampilan ini merupakan keterampilan untuk memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan kecendrungan atau pola hubungan yang terdapat pada data yang telah diperoleh.
Keterampilan membuat hipotesis
Merupakan keterampilan untuk dapat memperkirakan apa yang akan terjadi berdasarkan data yang telah diperoleh.
Keterampilan mengendalikan variabel
Merupakan faktor-faktor yang diamati memiliki nilai yang bervariasi dan berpengaru terhadap obyek yang diamati.
Keterampilan merencanakan dan melakukan penelitian eksperimen
meliputi :
Menetapkan masalah penelitian
menetapkan hipotesis penelitian
menetapkan alat dan bahan yang digunakan
menetapkan langkah pergobaan dan waktu yang diperlikan
menetapkan format tabulasi data
Keterampilan menyimpulkan
Kemampuan untuk menarik kesimpulan dari data yang telah dikumpilkan.
Keterampilan mengaplikasi
Keterampilan menggunakan konsep-konsep serta pengetahuan yang sudah di miliki siswa dalam situasi baru.
Keterampilan mengkomunikasikan
Keterampilan untuk menyampaikan apa yang ada dalam pikiran dan perasaan kepada orang lain baik secara lisan maupun tertulis.
0 komentar:
Posting Komentar