Kamis, 11 Desember 2008

PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME


Pendekatan konstruktivisme merupakan pendekatan dalam pembelajaran yang lebih menekankan pada tingkat kreatifitas siswa dalam menyalurkan ide-ide baru yang dapat diperlukan bagi pengembangan diri siswa yang didasarkan pada pengetahuan.

1. Pentingya pendekatan kontruktivisme dalam kegiatan pembelajaran

Pada dasarnya pendekatan konstruktivisme sangat penting dalam peningkatan dan pengembangan pengetahuan yang dimiliki oleh siswa berupa keterampilan dasar yang dapat diperlukan dalam pengembangan diri siswa baik dalam lingkungan sekolah maupun dalam lingkungan masyarakat.
Dalam pendekatan konstruktivisme ini peran guru hanya sebagai pembibimbing dan pengajar dalam kegiatan pembelajaran. Olek karena itu , guru lebih mengutamakan keaktifan siswa dan memberikan kesempatan kepada siswa untuk menyalurkan ide-ide baru yang sesuai dengan materi yang disajikan unutk meningkatkan kemampuan siswa secara pribadi.
Jadi pendekatan konstruktivisme merupakan pembelajaran yang lebih mengutamakan pengalaman langsung dan keterlibatan siswa dalam kegiatan pembelajaran.

2. Ciri-ciri pendekatan konstruktivisme

· Dengan adanya pendekatan konstruktivisme, pengembangan pengetahuan bagi peserta didik dapat dilakukan oleh siswa itu sendiri melalui kegiatan penelitian atau pengamatan langsung sehingga siswa dapat menyalurkan ide-ide baru sesuai dengan pengalaman dengan menemukan fakta yang sesuai dengan kajian teori.
· Antara pengetahuan-pengetahuan yang ada harus ada keterkaitan dengan pengalaman yang ada dalam diri siswa.
· Setiap siswa mempunyai peranan penting dalam menentukan apa yang mereka pelajari.
· Peran guru hanya sebagai pembimbing dengan menyediakan materi atau konsep apa yang akan dipelajari serta memberikan peluang kepada siswa untuk menganalisis sesuai dengan materi yang dipelajari.
3. Macam-macam konstruktivisme

1. Ada beberapa macam konstruktivisme yang diterapkan oleh seorang ahli yaitu Von Glaserfeld yang berhubungan dengan pengetahuan dan kenyataan yaitu sebagi berikut :
· Konstruktivisme Radikal
Bagi kaum radikal pengetahuan adalah suatu pengaturan atau organisasi dari satu objek yang dibentuk oleh seseorang.Setiap orang dapat memaknai setiap objek yang dibentuk berdasarkan ide dari masing-masing siswa.
· Realisme Hipotesis
Pengetahuan sebagi suatu hipotesis atau sebagai jawaban sementara dari suatu kenyataan dan akan berkembang menjadi suatu pengetahuan yang utuh dan luas sesuai dengan realitas.
· Konstruktivisme Biasa
Konstruktivisme biasa ini lebih memandang pada pengetahuan sebagai suatu gambaran yang dibentuk dari kenyataan suatu objek.
2. Beradasarkan subyek yang membentuk pengetahuan pendekatan kontruktivisme dapat dibedakan antara lain :
· Konstruktivisme psikologi personal
· Konstruktivisme sosiokulturalisme
· Knstruktivisme sosiologis

0 komentar:

Template by:
Free Blog Templates