Kamis, 11 Desember 2008
SAINS, TEKNOLOGI DAN MASYARAKAT DALAM PEMBELAJARAN IPA
a. Pengertian Sains, Teknologi dan Masyarakat.
a) Sains adalah aktivitas pemecahan masalah yang dilakukan oleh manusia yang didorong oleh rasa ingin tahu tentang pengetahuan dan keinginan untuk memahami alam serta memanipulasi alam dalam rangka meluaskan keinginan dan kebutuhan.
b) Teknologi adalah konsep yang luas dan mempunyai lebih dari satu aspek yaiyu aspek pembangunan dan ekonomi.
c) Masyarakat adalah suatu rangakaian hubungan antara orang-orang dan merupakan tajuk utama dalam penyelidikan sains kemasyarakatan.
b. Hubungan antara sains, teknologi dan masyarakat
a) Hubungan antara sains dan teknologi
· Sains memegang peranan penting dalam era teknologi yang moderen yang mengacu kepada perubahan, persaingan dan kompleksitas.
· Sains meningkatkan kemampuan untuk mengetahui hal-hal baru
· Sains dan teknologi saling memajukan secara sinergi atau searah.
· Sains dan teknologi akan maju dan berkembang jika da kebutuhan.
b) Hubungan antara teknologi dan masyarakat
1) Dampak positif
· Memudahkan dalam melakukan aktivitas
· Dengan adanya industri membuka banyak lapangan kerja
· Memperlancar komunikasi dan mempermudah penyampaian informasi.
2) Dampak negatif
· Memungkinkan adanya tindakan asusila
· Adanya produk dari luar mengakibatkan produk dalam negeri tidak dipedulikan
· Semakin banyak yang menggunakan tenaga mesin
c) Hubungan antara sains dan masyarakat
Sains sangat berkaitan erat dengan masyarakat di mana masyarakat butuh mempelajari tentang sains khususnya siswa. Dalam hal ini siswa harus benar-benar menguasai pengetahuan IPA sehingga dapat berguna bagi pengetahuan pribadinya.
c. Mengenal sains, teknologi dan masyarakat dalam pengajaran di sekolah dasar
Dalam pengajaran sains, teknologi dan masyarakat di sekolah dasar bertujuan untuk menciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, maka guru dalam proses pembelajaran dapat metode dan pendekatan yang efisien dan efektif. Pendekatan yang sesuai dengan perkembangan IPTEK adalah pendekatan terpadu antara sains, teknologi dan masyarakat.Hal ini karena pendekatan ini dapat memungkinkan siswa untuk berperan aktif dalam pembelajaran dan dapat menampilkan peranan sain dan teknologi dalam kehidupan bermasyarakat.
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar